menu melayang

Wednesday 12 October 2022

Erosi Krueng Babahrot Mengganas, Dua Desa Terancam Amblas



LINEAR.CO.ID | ACEH BARAT DAYA – Erosi Sungai (Krueng) Babahrot Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) semakin parah dan mengkhawatirkan.

Bahkan dua desa yakni Desa Teladan Jaya dan Simpang Gadeng terancam menjadi sasaran amukan erosi.

Anggota DPRK Abdya, Yusran kepada wartawan Rabu (12/10) mengatakan, kondisi erosi  semakin mengkhawatirkan. Bahkan jika tidak ditanggulangi segera, akan banyak warga yang menjadi korban erosi sungai dimaksud.

“Pihak Provinsi Aceh dalam hal ini instansi terkait harus bergerak cepat untuk menaggulangi erosi di Krueng Babahrot. Erosinya kian meresahkan, kebun warga banyak yang tergerus aliran sungai. Saat ini badan jalan kabupaten dengan tebing sungai hanya berjarak sekitar 20 meter lagi,” ujarnya.

Kondisi itu akan semakin parah jika hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Abdya. Debit air yang terus meningkat, tentu akan menggerus tebing sungai dan akan semakin banyak kebun warga yang ikut ambles ke dasar sungai.

Upaya yang perlu dilakukan yakni dengan membangun tanggul pengaman tebing secara permanen, agar pengikisan tebing sungai oleh air dapat diminimalisir dan pemukiman warga akan selamat dari bahaya erosi.

“Solusinya instansi terkait di tingkat provinsi harus membangun tanggul pengaman tebing, sehingga kemukiman warga termasuk perkebunan warga setempat akan aman dari ancaman erosi,” pungkasnya.

Rasidin salah seorang warga mengaku khawatir dengan mengganasnya erosi di Krueng Babahrot. Tidak sedikit lahan perkebunan warga yang amblas ke dasar sungai.

Bahkan lanjutnya, jika tidak segera ditanggulangi, pemukiman warga setempat akan menjadi sasaran amukan erosi.

“Erosi Krueng Babahrot telah barlangsung lama, namun belum ada upaya dan tindaklanjut untuk mengamankan perkebunan dan pemukiman warga. Erosinya semakin parah dan mengkhawatirkan. Kami berharap pemerintah menanggapi hal ini dengan serius sebelum dampak yang lebih parah terjadi,” imbuhnya.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel